Home > Wisata > Sensasi Menikmati ‘Dunia Lain’ di Jakarta Aquarium

Sensasi Menikmati ‘Dunia Lain’ di Jakarta Aquarium

jakarta aquarium

Tak ada yang mustahil di Jakarta, bahkan keindahan dunia bawah laut pun bisa di eskplorasi tanpa harus berbasah-basahan apalagi harus menyelam ke dasar laut. Di Jakarta Aquarium suasana dunia bawah laut yang selama ini tak terjamah dipindahkan dalam sebuah wahana rekreasi raksasa yang uniknya berada dalam sebuah mall.

Kehadiran Jakarta Aquarium tak bisa disamaratakan dengan konsep wisata bawah laut yang sudah ada sebelumnya. Karena disini, ada lebih dari 3.500 hewan laut dari berbagai spesies baik yang bersifat akuatik maupun non akuatik.

Berada di lahan sebuah mall seluas 1 hektar, Jakarta Aquarium hadir dengan konsep berbeda dengan penempatan spesies akuatik dan non akuatik secara terpisah termasuk membaginya dalam 12 zona yang saling berbeda satu sama lainnya sesuai dengan karakter dan spesiesnya.

Selain bisa menikmati berbagai satwa laut termasuk berbagai atraksinya, di Jakarta Aquarium pengunjung bahkan bisa menikmati makan malam romantis dengan nuansa bawah laut yang menakjubkan, termasuk pula menghadirkan begitu banyak spot kekinian dengan teknologi modern untuk latar foto keren dan tentu saja berbeda dengan yang lainnya.

Baca Juga: Menjadi Content Writer cum Bapak Rumah Tangga yang Profesional

Tentang Jakarta Aquarium

Jakarta Aquarium tak hanya sekedar menjadi wahana hiburan dan edukasi semata tapi juga menjadi upaya konservasi terhadap satwa laut yang tak hanya terancam secara ekosistemnya tapi juga kelangsungan hidupnya karena maraknya aktivitas illegal fishing hingga pengeboman ikan hingga maraknya pembuangan sampah di sejumlah perairan laut Indonesia yang potensial.

Bahkan saat diresmikan pada bulan Oktober 2018 lalu oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti kala itu diluncurkan pula gerakan Lautku Bersih sebagai upaya perbaikan ekosistem laut di Indonesia yang kaya akan berabagai jenis biota laut ini.

Kehadiran aquarium di dalam mall yang berlokasi di Neo Soho Mall ini bahkan menjadi yang pertama dan satu-satunya di Indonesia yang bekerjasama dengan antara Taman Safari Indonesia (TSI) dengan Aquaria KLCC Malaysia sehingga proses pembangunannya benar-benar memperhatikan kondisi sesungguhnya untuk satwa laut yang ada di Jakarta Aquarium.

Baca Juga: Menjadi Dermawan dengan Aqiqah

Meraih Penghargaan di Bidang Konservasi

Dalam menghadirkan aquarium terbesar ini, pihak pengelola menjaga suhu air serta membangun suasana alami agar kelangsungan hidup satwa benar-benar bisa tumbuh dengan ideal sebagaimana dengan kondisi habitat aslinya.

Upaya ini pula yang pada akhirnya membawa Jakarta Aquarium meraih berbagai penghargaan di bidang konservasi seperti Indonesia Leading Conservation Destination selama dua tahun berturut-turut pada tahun 2017 dan 2018 dari Indonesia Tourism and Travel Award (ITTA) serta meraih Certificate of Excellence dari Tripadvisor pada tahun 2018.

Daya Tarik Jakarta Aquarium

Sebagai sarana rekreasi modern yang sangat luar biasa dengan menyasar segmen berbagai lapisan masyarakat termasuk kalangan milenial, Jakarta Aquarium menjadi destinasi paling ideal untuk menikmati ‘dunia lain’ yakni alam bawah laut sebagai alternatif wisata untuk berbagai jenis minat mulai dari edukasi, rekreasi hingga wisata kekinian.

Disisi lain, kehadiran Jakarta Aquarium ini juga secara tidak langsung berupaya mengajak seluruh masyarakat akan pentingnya upaya pelestarian lingkungan sebagai kelangsungan dari berbagai ekosistem.

Dengan menghadirkan sebanyak 600 spesies utama hewan laut, Jakarta Aquarium juga memberi kesempatan kepada pengunjung untuk berinteraksi secara langsung dengan berbagai hewan laut seperti memberi makan pinguin hingga beragam atraksi hewan laut yang sangat menghibur.

Di sisi lain, yang tak kalah menarik, Jakarta Aquarium juga menghadirkan pengalaman tak terlupakan dengan konsep dinner romantis diantara ribuan koleksi hewan laut sehingga mampu memberikan nuansa yang berbeda.

Beragam keindahan dan atraksi menarik bisa dinikmati di Jakarta Aquarium dengan tetap mengedepankan keamanan dan kenyamanan baik bagi pengunjung maupun bagi hewan lautnya, berikut sejumlah daya tarik yang bisa dinikmati di Jakarta Aquarium:

Atraksi Hewan Laut Jakarta Aquarium

Di Jakarta Aquarium terdapat sejumlah atraksi menarik seperti Theatre Sea Explorer yang mengajak pengunjung berinteraksi dengan sejumlah hewan laut seperti Pinguin termasuk memberinya makan di Pingoo Restaurant.

Selain itu, ada juga atraksi yang tak kalah menarik yakni; Theatre Show Pearl of the South Sea dengan menghadirkan penyelam profesional perempuan yang berperan sebagai putri duyung yang berenang lincah bersama sejumlah hewan laut mulai dari yang jinak hingga hewan laut yang memiliki kategori ganas seperti hiu.

Aqua Trekking

Aqua Trekking mengajak pengunjung untuk berinteraksi secara langsung dengan menyelam dan menikmati keindahan bawah laut secara langsung. Aqua Trekking bahkan tidak mewajibkan pengunjung harus memiliki sertifikat penyelam profesional untuk bisa menikmatinya, bahkan yang tak bisa berenang sekalipun akan ada instruktur pendamping yang akan mendampingi pengunjung untuk menikmati pengalaman tak terlupakan menyelam diantara ikan pari di dalam tank khusus termasuk menjumpai ikan hiu jenis Black Tip Reef yang ganas.

Touch Pool Jakarta Aquarium

Di wahana ini, pengunjung bahkan tak hanya sekedar menyentuh tapi juga bermain dengan sejumlah biota laut khusus sejenis teripang, bintang laut dan hewan laut yang lainnya yang masuk dalam kategori tak berbahaya.

Untuk menjaga sterilisasi ketika berlangsung interaksi dengan biota laut ini, pengunjung wajib mencuci tangan agar kemungkinan bakteri maupun virus tidak menjangkiti hewan-hewan laut ini.

Pearl of The South Sea

Pearl of The South Sea adalah pertunjukan teater khusus tentang dunia bawah laut yang berlatar kisah kecintaan terhadap hewan laut termasuk keberadaan putri duyung yang dipandu oleh sutradara khusus asal Australia.

Di bagian akhir pertunjukan teater ini, akan ada sesi foto antara pengunjung dengan putri duyung yang menjadi tokoh utama dalam cerita teater ini.

Acrylic Walkway

Wahana ini mengajak pengunjung untuk menikmati sensasi berjalan di lautan tanpa harus takut basah. Para pengunjung akan melewati sebuah lorong khusus yang seluruhnya dilingkupi aquarium dengan lalu lalang beragam hewan laut termasuk ikan kerapu raksasa yang memiliki berat 300 kilogram dan spesies hiu perawat yang memiliki keunikan karena caranya mencari makan di dasar laut.

Sea Explorer

Wahana atraksi dengan teknologi 5 dimensi ini mengajak pengunjung untuk menyelami dasar laut melalui teknologi virtual modern sehingga pengunjung akan merasa seperti berada dalam sebuah kapal selam sungguhan.

Bahkan, pengunjung juga akan merasakan sensasi ketika kapal selam yang ditumpangi secara virtual itu bertabrakan dengan ikan hiu dan bahkan membuat kaca kapal selam menjadi retak yang terasa amat nyata.

Otter Tunnel

Otter tunnel merupakan wahana yang membawa pengunjung untuk mempelajari dan mengamati berbagai kehidupan biota laut secara langsung seperti kelomang dan berang-berang sebagai spesies laut non akuatik yang memiliki karakter lucu dan menggemaskan.

Dinner Romantis

Jakarta Aquarium juga menghadirkan suasana makan malam romantis baik bersama pasangan maupun keluarga dengan latar pemandangan aquarium berukuran raksasa yang tak akan bisa dijumpai dimanapun sehingga mampu memberikan pengalaman yang berbeda sekaligus berkesan.

Spot Foto Kekinian

Disini juga terdapat banyak spot foto kekinian untuk menghadirkan momen tak terlupakan ketika berkunjung ke Jakarta Aquarium, selain bisa berfoto dengan latar berbagai hewan laut, pengunjung juga bisa memanfaatkan berbagai jenis aquarium dengan bentuknya yang unik sebagai latar foto kekinian.

Tiket Masuk dan Jam Kunjungan

Tiket masuk yang diberlakukan di wahana ini mulai dari Rp. 140 ribu – Rp. 185 ribu di hari biasa serta Rp. 185 ribu – Rp. 200 ribu saat weekend.

Sedangkan untuk bisa menikmati berbagai macam wahana yang ada diberlakukan pula dua jenis tiket yakni reguler yang hanya bisa menikmati sejumlah atraksi. Sedangkan tiket premium, pengunjung akan memiliki akses penuh diseluruh wahana termasuk menikmati wahana 5 dimensi di kapal selam. Dan, untuk jam kunjungannya, berlaku setiap hari mulai dari pukul 10.00 – pukul 22.00 WIB.

Lokasi dan Cara Akses ke Jakarta Aquarium

Jakarta Aquarium terletak di Neo Soho Mall di Jalan Letjend  S. Parman, Kelurahan Tanjung Duren Selatan, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Lokasinya yang berada cukup dekat dengan Taman Monas memudahkan siapapun untuk mengakses Jakarta Aquarium baik dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum seperti bus Trans Jakarta dan transportasi berbasis aplikasi.

Leave a Reply