Home > Usaha > Cara Memilih Jasa Pengiriman yang Baik dan Profesional

Cara Memilih Jasa Pengiriman yang Baik dan Profesional

cara memilih jasa kurir

Seiring dengan merebaknya pandemi Covid-19, kini kian banyak masyarakat yang sangat mengandalkan jasa pengiriman barang sebagai cara untuk memudahkan proses pengantaran barang atau paket baik yang ada di dalam kota maupun yang diluar kota.

Jika sebelum pandemi Covid-19 merebak di Indonesia, jasa pengiriman umumnya hanya dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan tertentu, maka kini jasa pengiriman menjadi salah satu solusi paling mudah untuk membantu dan meringankan masyarakat dalam mengirim barang atau paket baik yang ada di dalam kota maupun yang diluar kota.

Trend Penggunaan Jasa Pengiriman

Jasa pengiriman dirasakan amat membantu khususnya di musim pandemi Covid-19 seperti saat ini yang membuat masyarakat diwajibkan untuk tetap berada di rumah termasuk bekerja ataupun sekolah pun harus dilakukan di rumah atau yang lebih dikenal dengan work from home dan school from home atau belajar secara daring.

Keadaan inilah yang membuat akhirnya jasa pengiriman kian diminati oleh masyarakat selain sangat membantu, jasa pengiriman juga sudah dianggap ikut berperan dalam program pemerintah untuk tetap berada di rumah.

Saat ini, kebanyakan masyarakat lebih memilih memanfaatkan jasa pengiriman selain lebih aman dan terjamin, jasa pengiriman juga memiliki tarif yang kompetitif.

Sehingga jasa pengiriman saat ini sudah menjadi sebuah trend baru di Indonesia sebagai cara yang lebih mudah untuk mengirimkan barang atau paket apapun jenisnya.

Fitur Jasa Pengiriman

Terlebih lagi saat ini, ada begitu banyak jasa pengiriman yang bisa dipilih dengan berbagai layanan mulai dari mengirim dokumen, barang, sepeda motor atau bahkan mengirimkan hewan peliharan baik di dalam kota, antar kota, luar pulau bahkan hingga ke luar negeri.

Dengan banyaknya jasa pengiriman yang beragam ini pulalah masyarakat kian bebas untuk memilih jasa pengiriman baik dalam hal pelayanan, harga maupun jenis layanan yang diberikan oleh jasa pengiriman yang bisa dipilih oleh masyarakat sesuai dengan kebutuhan.

Beragam layanan yang tersedia di jasa pengiriman maupun jasa ekspedisi ini ditujukan untuk memberikan banyak kemudahan dalam hal pelayanan kepada seluruh calon konsumennya yang bisa diakses secara cepat, simpel dan tentu saja murah.

Fitur atau layanan jasa pengiriman ini memang ditujukan agar lebih memudahkan calon konsumennya dalam hal pelayanan yang profesional, berkelas namun harganya tetap terjangkau di kantong serta tidak memberatkan karena umumnya jasa ekspedisi dibuat untuk memudahkan proses pengiriman berbagai jenis barang maupun dokumen ke berbagai daerah termasuk ke luar negeri.

Baca Juga:  Aqiqah Keluarga Indonesia Nurul Hayat, Pelopor Layanan Aqiqah Siap Saji paling Berpengalaman

Cash On Delivery (COD)

Selain itu, jasa pengiriman atau ekspedisi juga kini dilengkapi berbagai fitur layanan seperti bayar ketika barang sampai di tujuan (COD) baik yang transaksinya melalui online shop atau market place.

Meski demikian, kian banyaknya jasa ekspedisi atau pengiriman yang ada saat ini juga selain membuat masyarakat bisa memilih sesuai kebutuhan, namun tetap juga mempertimbangkan prinsip kehati-hatian dalam memilih jasa ekspedisi yang sesuai.

Akibatnya, tak jarang banyak konsumen yang mengeluh karena barang yang dikirim mengalami kerusakan, terlambat sampai atau bahkan hilang.

Di sisi lain, oknum jasa pengiriman yang tidak profesional sama sekali tidak mau memberikan tanggung jawab terhadap rusaknya barang atau paket pada saat dalam pengiriman dengan dalih barang atau paket tersebut tidak memiliki asuransi khusus sehingga membuat konsumen merasa dirugikan.

Akibat tindakan oknum jasa ekspedisi inilah yang pada akhirnya mencoreng usaha jasa ekspedisi lainnya. Meski sebenarnya masih terlalu banyak jasa yang memiliki layanan profesional dan memberikan jaminan kepada setiap konsumennya untuk membangun kepuasan para pengguna jasa ekspedisi.

Tak hanya itu saja, dalam proses pengiriman barang yang transaksinya dilakukan melalui market place tak sedikit konsumen yang mengeluhkan barang yang tidak sesuai dengan pesanan sehingga tak mau membayar dan pada akhirnya membuat jasa pengiriman merasa dirugikan.

Perlu diketahui, kurir dari jasa ekspedisi hanya bertanggung jawab terhadap proses pengiriman barang dan menjamin barang atau paket sampai tepat waktu tanpa terjadi kerusakan.

Kiat Memilih Jasa Pengiriman atau Jasa Ekspedisi

Nah, untuk menghindari berbagai permasalahan yang mungkin timbul dalam proses atau menggunakan jasa pengiriman, ada baiknya masyarakat sebagai konsumen juga harus selektif dalam memilih jasa pengiriman yang kredibel dan terpercaya.

Untuk itu, berikut cara memilih jasa pengiriman barang yang bisa dijadikan sebagai acuan bagi konsumen dalam memilih jasa pengiriman yang berkualitas.

1. Ketepatan Waktu

Ketepatan waktu menjadi hal yang utama dalam memilih jasa pengiriman. Jasa ekspedisi memiliki fitur layanan pengantaran barang yang bisa disesuaikan dengan waktu sampai, seperti waktu standar (reguler) hingga one day service (kilat).

Baca Juga:  Desain Ruko yang Tepat Menjanjikan Nilai Investasi yang Tinggi

Memilih jasa ekspedisi yang dilengkapi dengan fitur pilihan waktu sampai akan memberikan kemudahan bagi konsumen untuk membuat estimasi, kapan kira-kira barang akan sampai ke tangan penerimanya, hal ini penting khususnya untuk barang yang harus cepat sampai seperti dokumen, makanan maupun obat-obatan.

2. Biaya Jasa yang Relevan

Biaya jasa yang relevan bisa berarti tarif jasa eskpedisi sesuai dengan jasa yang diberikan yang dilihat dari jauhnya jarak tujuan, durasi waktu pengiriman hingga tingkat urgensi barang yang dikirimkan.

Selain itu, pastikan pula kredibilitas jasa pengiriman karena memilih jasa pengiriman yang kurang terpercaya hanya karena faktor harga jasa pengiriman yang murah namun berdampak pada kondisi barang yang dikirim atau bahkan waktu pengiriman yang lama.

Karena itu, tak ada salahnya faktor biaya jasa tidak dijadikan sebagai pertimbangan utama khususnya dalam memilih jasa pengiriman yang berkualitas dan sudah terpercaya yang umumnya menerapkan harga yang sedikit lebih mahal namun kualitasnya jauh lebih terjamin dalam hal waktu pengiriman serta keamanan terhadap barang yang dikirim.

Saat ini, tarif biaya jasa pengiriman amatlah kompetitif hal ini karena sudah semakin banyaknya jasa pengiriman sehingga membuat tingkat persaingan antar jasa pengiriman kian tinggi.

Hal ini berdampak baik sebenarnya, karena masyarakat selaku konsumen bisa memilih jasa pengiriman yang terbaik dan profesional dari sekian banyak jasa pengiriman yang ada saat ini.

3. Terpercaya

Jasa pengiriman yang telah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik dengan ditunjang armada yang memadai serta pelayanan yang profesional umumnya jadi pilihan konsumen dalam memilih jasa pengiriman karena hal ini terkait erat dengan jaminan rasa aman dan kenyamanan yang diberikan oleh jasa pengiriman kepada konsumennya untuk tidak merasa khawatir ketika memercayakan pengiriman barang kepada jasa pengiriman tersebut.

Ada banyak kasus, barang atau paket yang kemudian hilang saat dalam proses pengiriman oleh jasa pengiriman, yang pada akhirnya merugikan konsumennya, khususnya ketika mengirimkan barang berharga.

Untuk itu juga ada baiknya memanfaatkan jasa pengiriman yang menyediakan asuransi khusus untuk barang yang dikirim agar mudah diklaim jika terjadi sesuatu pada barang atau paket pada saat dalam proses pengiriman, meskipun untuk memanfaatkan asuransi ini konsumen harus membayar jasa pengiriman sedikit lebih besar namun lebih terjamin dan barang sampai dalam keadaan yang baik.

Baca Juga:  Pengertian, Fungsi dan Jenis Faktur

Bahkan saat ini, kebanyakan masyarakat selaku pengguna utama jasa pengiriman sudah memiliki jasa pengiriman langganan karena dianggap layanan yang diberikan sudah sesuai dengan kebutuhan selain itu mampu menjamin keamanan barang atau paket yang dikirimkan.

4. Bisa Dilacak

Jasa pengiriman yang berkualitas dan profesional biasanya memiliki fitur berupa pelacakan terhadap pengiriman barang yang sedang dikirim.

Umumnya, waktu dan transit barang akan terus diupdate secara real time sehingga memudahkan pengirim maupun penerima paket memantau sejauh mana proses pengiriman barang berlangsung.

Banyak konsumen yang merasa lebih nyaman dengan adanya fitur ini, karena bisa memperkirakan atau memberikan estimasi waktu kapan paket yang dikirim oleh jasa pengiriman akan segera sampai.

Untuk itu, tak ada salahnya memilih jasa pengiriman yang sudah menerapkan fitur pelacakan proses pengiriman secara digital sehingga memudahkan konsumennya.

Beberapa jasa pengiriman yang memanfaatkan teknologi digital bahkan dapat dengan mudah melacak proses pengiriman paket hanya melalui aplikasi.

5. Memiliki Layanan yang Lengkap

Salah satu indikator jasa pengiriman yang profesional dan terpercaya, umumnya memiliki atau menawarkan banyak pilihan layanan pengiriman yang lengkap mulai dari jenis pengiriman yang meliputi dokumen, barang, kendaraan hingga hewan peliharaan.

Selain itu, terdapat pula pilihan durasi waktu pengiriman, mulai dari yang tercepat hingga yang membutuhkan waktu standar, agar konsumennya bisa dengan leluasa memilih kapan waktu pengiriman sampai sesuai dengan kebutuhan.

Selanjutnya, layanan jasa pengiriman. Saat ini banyak jasa pengiriman yang memiliki layanan menjemput barang yang hendak dikirim ke tempat konsumennya langsung sehingga sangat memudahkan konsumen yang hendak mengirim barang.

Terdapat pula layanan pembayaran saat barang diterima atau yang dikenal dengan istilah COD yang umumnya diterapkan pada marketplace.

6. Profesional

Jasa pengiriman yang profesional, umumnya lebih mengandalkan kualitas pelayanan yang prima kepada konsumennya. Hal ini penting untuk menjaga reputasi jasa pengiriman tetap baik dan bisa diandalkan oleh masyarakat.

Jasa pengiriman yang profesional bahkan sudah memberikan pelayanan yang prima kepada konsumennya bahkan sejak konsumen hendak mengirimkan barang dengan memberikan informasi seputar tarif dan waktu sampai yang jelas kepada konsumennya agar konsumen bisa lebih memahami dan menyesuaikan jenis layanan yang sesuai yang bisa ia gunakan. (skz)

Leave a Reply