Home > Wisata > Jalan-jalan ke Bali Belum Lengkap Kalau Tidak Beli Oleh-oleh Ini

Jalan-jalan ke Bali Belum Lengkap Kalau Tidak Beli Oleh-oleh Ini

kopi kintamani

Siapa yang tak mengenal Bali sebagai destinasi wisata utama yang sudah sangat populer di Indonesia bahkan dunia. Setiap tahun, angka kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara selalu mengalami peningkatan yang signifikan.

Banyak hal yang bisa ditemukan di Bali, tak hanya pariwisatanya, tapi juga keunikan budaya dan masyarakatnya yang khas.

Oleh-oleh Khas Bali

Nah, jika berkunjung ke Bali, belum lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh untuk keluarga, teman maupun orang terkasih.

Banyak rekomendasi oleh-oleh yang bisa Kamu jadikan pilihan saat berkunjung ke Bali, berikut beberapa diantaranya:

Udeng

Sama halnya dengan blangkon sebagai ikat kepala khas masyarakat Jawa, di Bali juga terdapat ikat kepala yang bisa digunakan oleh masyarakat Bali sehari-hari yang dikenal dengan nama Udeng. Selain sebagai simbol penghias kepala khas lelaki Bali, Udeng juga memiliki pemaknaan sebagai bagian dari cara untuk memusatkan pikiran saat beraktivitas agar lebih fokus.

Kopi Kintamani

Kalau yang satu ini memang menjadi syarat wajib oleh-oleh yang harus dibawa. Ya, kopi Kintamani menjadi salah satu ciri khas kopi asli Bali yang memiliki aroma buah yang alami yang terpengaruh oleh kontur lahan perkebunan kopi di Bali sehingga membuat rasa dan aroma kopi kintamani cenderung kaya dengan aroma buah.

Pie Susu

Pie susu sudah jadi buruan wisatawan tak hanya sekedar untuk oleh-oleh tapi juga untuk penganan sehari-hari ketika berada di Bali. Bahkan, beberapa hotel terkenal di Bali menjadikan pie susu sebagai sajian pembuka untuk para tamu yang datang menginap ke hotel itu.

Pie susu khas Bali ini memiliki banyak pilihan rasa mulai dari coklat, keju hingga kismis yang lembut di mulut serta aromanya yang wangi dan sangat menggugah selera.

Joger Bali

Joger Bali adalah merek sebuah kaos khas yang terkenal dengan desain dan kata-katanya yang imajinatif dan kreatif. Belakangan, Joger tak hanya memproduksi kaos, tapi juga celana, sandal, hingga merambah ke fashion anak-anak tetap dengan mengedepankan desain kata-katanya yang lucu, khas, dan hanya ada di Bali tentunya.

Tas Rotan Bali

Tas rotan ini juga sangat ideal dijadikan sebagai oleh-oleh, desainnya yang kekinian menjadikan tas ini juga cocok digunakan untuk kerja maupun kuliah karena bentuknya yang unik dan hanya ada dan bisa dibeli di Bali.

Bakpia Bali

Siapa bilang, bakpia hanya ada di Yogyakarta, di Bali juga ada bakpia dengan pilihan rasa yang beragam mulai dari kacang hijau, cokelat, atau modifikasi isian lainnya seperti keju maupun cream cheese yang yummy.

Salak Bali

Sesuai dengan namanya, Salak Bali memang menjadi buah-buahan khas Bali yang memiliki kelebihan dibanding salak jenis lainnya seperti dagingnya yang gurih serta tebal, dan warna daging salaknya yang cenderung kekuningan serta rasanya yang cenderung lebih dominan asam, tentunya akan menjadi oleh-oleh spesial buat teman Kamu yang menyukai rasa asam alami dari buah-buahan.

Baju Barong Bali

Baju Barong ini sudah amat familiar bagi masyarakat Indonesia, bahannya yang lembut dan tidak panas ditambah rumbai-rumbai pada bagian lengan dan bawah baju ditambah motif barong yang khas kebudayaan Bali kian membuatnya pantas untuk dijadikan sebagai oleh-oleh Bali.

Kain Bali

Selain baju barong, kain Bali juga tak kalah populernya di Indonesia. Kain yang terbuat dari bahan satin yang lembut ini sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh untuk orang spesial selain bisa digunakan ketika berwisata ke pantai, kain Bali ini juga cocok dikombinasikan sebagai rok yang unik dan etnik tentunya. (skz)

Leave a Reply