Home > Wisata > Bukit VW, Lokasi Selfie di Puluhan Mobil Antik

Bukit VW, Lokasi Selfie di Puluhan Mobil Antik

bukit vw

Tahun 2017 lalu, bukit ini sempat viral di media sosial. Latar-latar swafoto remaja kala itu dipenuhi dengan jejeran mobil kuno yang berada di puncak bukit yang dikenal dengan Bukit VW merujuk pada salah satu merek mobil terkenal yang memiliki bentuk yang antik.

Tak ayal ketika itu, Bukit VW langsung menyita perhatian banyak orang dan banyak yang penasaran kemudian mengunjungi lokasi ini dan dibuat kagum dengan deretan bangkai mobil VW yang berjejer yang mampu menghasilkan latar foto berkualitas dan kekinian.

Sejak dari memasuki komplek lokasi obyek wisata ini, para pengunjung akan langsung menyaksikan beragam jenis mobil mobil VW bekas yang terparkir dan berjajar rapi. Keunikan ini kian lengkap dengan lansekap Kota Semarang yang bisa di lihat langsung dari bukit ini, sebagai latar keindahan bukit VW ini.

Pemandangan yang Eksotis

Tak heran jika banyak pengunjung yang berburu foto di spot Bukit VW ini. Dan, setelah puas, berselfie maupun wefie bisa lanjut menikmati keindahan bukit ini. Selain untuk kebutuhan eksis di sosial media, keunikan Bukit VW ini juga kerap digunakan sebagai latar pengambilan foto prawedding yang memanfaatkan momen Bukit VW yang terlihat vintage ini.

Begitu memasuki tempat ini, pengunjung akan disambut dengan pemandangan yang eksotis. Perpaduan antara otomotif peninggalan lama dengan pemandangan Semarang dari ketinggian menjadikan tempat ini juga terasa memorable.

Sejarah Bukit VW

Disebut Bukit VW karena tempat ini dipenuhi dengan puluhan mobil bekas tahun 70-an bergaya retro yang berjajar rapi diatas bukit. Awalnya, bukit ini memang dikhususkan untuk lokasi pembuangan berbagai jenis kerangka mobil-mobil tua berbagai merek, namun belakangan memang yang dominan justru kebanyakan bangkai mobil yang berada disini adalah mobil VW buatan Jerman dari berbagai tipe.
Kesan jadul, memang langsung terasa ketika menjejakkan kaki di Bukit VW ini. Deretan mobil-mobil VW sebagai kendaraan produksi Jerman yang pernah trend di tahun 70-an dengan berbagai bentuk dan kondisinya terlihat sangat eksotis.

Baca Juga:  Tiga Rekomendasi Angkringan Resto Solo Terbaik dan Murah, Lengkap Berikut Menu dan Harganya

Spot Foto

Untuk kamu yang menyukai photograpy, Bukit VW bisa jadi pilihan utama untuk melakukan hunting foto dengan berbagai tema, baik tema alam, vintage atau bahkan menggabungkan kedua tema itu agar terlihat lebih unik.
Demikian halnya ketika memasuki bulan suci Ramadhan, Bukit VW juga menjadi obyek wisata paling direkomendasikan sebagai lokasi ngabuburit bagi para remaja Semarang yang mencari tempat bersantai sembari menunggu waktu buka puasa tiba.

Menikmati Sunset

Selain itu juga, di kawasan perbukitan VW ini juga pengunjung bisa menikmati pemandangan sore hari kala matahari mulai terbenam yang mampu menghasilkan panorama paling indah yang pernah ada.

Sinar matahari berwarna jingga yang tenggelam di ufuk barat berpendar di sekitar puncak bukit VW dengan cahayanya yang hangat serta bias sinarnya yang menembus pepohonan akan memberikan pemandangan yang tak akan bisa ditemui di tempat lain.

Yang tak kalah kerennya lagi, pendaran cahaya matahari yang menerobos disela-sela mobil-mobil VW mampu menghadirkan pemandangan yang indah diantara siluet bangkai-bangkai mobil yang terlihat retro dan keren.

Kicauan Burung

Di puncak yang menjadi bagian dari kawasan perbukitan dataran tinggi ini juga menjadi salah satu tempat habitat bagi sejumlah burung hutan yang tiap pagi akan selalu berkicau sehingga semakin membuat suasana di sekitar Puncak Kuda Sembrani terasa lebih syahdu.

Berburu Spot Foto

Banyak pula pengunjung yang menjadikan kawasan ini sebagai spot untuk berburu foto khususnya dari komunitas pecinta fotografi yang berlomba-lomba menghadirkan foto-foto keren berlatar puncak bukit VW dan panorama yang menjadi ciri khasnya.

Beberapa pengunjung bahkan menjadikan puncak bukit VW ini sebagai spot foto khusus untuk prawedding karena keindahan kawasan perbukitannya menjadi obyek wisata paling berbeda diantara perbukitan lainnya.

Baca Juga:  Jalan-jalan ke Bali Belum Lengkap Kalau Tidak Beli Oleh-oleh Ini

Fasilitas Bukit VW

Sebagai obyek wisata kekinian, Bukit VW sudah dilengkapi berbagai fasilitas penunjang yang memadai mulai dari toilet hingga area parkir. Tak hanya itu saja, di atas bukit VW ini juga tersedia fotografer profesional yang siap mendokumentasi foto pengunjung dari berbagai angle yang indah dengan hasil foto yang keren.

Tarif Masuk dan Jam Kunjungan

Tarif masuk yang diberlakukan untuk pengunjung yang ingin menikmati keindahan Bukit VW ini pun relatif terjangkau hanya Rp. 10 ribu perorang ditambah biaya parkir sebesar Rp. 3 ribu untuk sepeda motor dan Rp. 5 ribu untuk kendaraan roda empat.

Sedangkan jam kunjungan yang diberlakukan dimulai dari pukul 08.00 pagi hingga pukul 18.00 petang setiap harinya.

Cara Menuju Bukit VW

Obyek wisata Bukit VW terletak di Jl. Sambiroto Raya, Tembalang, Kota Semarang. Lokasinya lumayan mudah dijangkau termasuk dengan angkutan umum, meski demikian untuk bisa mencapai puncak bukit VW ini pengunjung harus berjalan kaki walau tidak terlalu jauh. (skz)

Leave a Reply