Home > Rumah > Ini Alasan Kenapa Kucing Gemar Makan Tikus

Ini Alasan Kenapa Kucing Gemar Makan Tikus

kucing makan tikus

Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa kucing gemar memburu dan memakan tikus, padahal kucing itu adalah kucing rumahan atau peliharaan yang asupan makanannya sudah jelas terpenuhi. Pertanyaan ini amatlah wajar, terlebih untuk kucing yang dipelihara dan sudah disediakan makanan secara khusus.

Tindakan kucing yang gemar mengkonsumsi tikus sebenarnya adalah hal yang amat normal meskipun Anda melihatnya sebagai sesuatu yang menjijikkan sekaligus mengkhawatirkan kesehatannya akibat memangsa hewan tikus.

Beberapa kucing peliharaan bahkan menjadikan tikus hasil perburuan mereka untuk ditunjukkan kepada Anda, untuk membuktikan ketaatan mereka kepada tuannya.

Penyebab Kucing Gemar Makan Tikus

Faktor yang mempengaruhi penyebab kucing gemar memakan tikus, lebih di dasari karena beberapa hal berikut ini, yakni:

Faktor Biologis atau Keturunan

Kucing gemar memakan tikus karena membutuhkan asupan taurin berupa asam amino esensial yang tidak bisa di produksi dalam tubuh kucing. Salah satu sumber taurin itu berada dalam daging, termasuk daging tikus. Taurin sendiri menjadi salah satu asupan penting untuk kucing untuk membantu proses pencernaan, penunjang otot jantung serta menjaga sistem imunitas pada kucing.

Tiap anak kucing khususnya yang ada di alam liar juga diajarkan secara tidak langsung oleh induknya bagaimana cara bertahan hidup khususnya dalam pemenuhan asupan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak kucing dengan cara berburu.

Faktor Naluri

Kucing gemar memakan tikus sebab secara naluri, kucing adalah hewan pemburu sejati, bahkan ketika ia dipelihara sejak kecil sekalipun. Bahkan pada kenyataannya, beberapa orang yang memelihara kucing pada awalnya untuk pengendalian hama tikus yang ada dirumahnya, meskipun untuk sekedar menakut-nakuti tikus sekalipun, namun kucing gemar memburu tikus.

Apalagi, kucing memiliki indera penciuman yang sangat tajam sehingga mampu mengendus keberadaan tikus atau hewan lain untuk dijadikan buruannya. Bahkan, berdasarkan penelitian, kucing domestik memiliki akses dan kecenderungan lebih besar untuk memburu tikus yang bersarang di permukiman dibanding kucing liar.

Baca Juga:  Cara Memilih Sarden yang Aman Dikonsumsi dan Tidak Mengandung Cacing

Naluri ini bahkan sudah ada sejak kucing baru berusia beberapa minggu sejak dilahirkan, yang terlihat dari cara mereka menerkam atau mencakar makanannya.

Faktor Hewan Karnivora

Ya, kucing memang dikenal sebagai hewan karnivora. Oleh karenanya, kucing membutuhkan daging, untuk di konsumsi meskipun sejak lahir kucing sudah dipelihara oleh manusia, namun kucing tetap membutuhkan semacam ‘permainan’ dan memangsa tikus adalah bagian dari kegemaran atau ciri khas hewan karnivora.

Terlebih lagi, kebanyakan makanan olahan untuk kucing tidak sepenuhnya berasal dari daging-dagingan sehingga kucing akan secara alami mencari asupan tambahan untuk kebutuhan dan daya tahan kucing.

Perhatikan Kesehatan Kucing jika Gemar Memakan Tikus

Jika Anda khawatir terhadap aktivitas kucing peliharaan Anda, yang gemar memakan tikus, ada baiknya untuk memperhatikan pula kondisi kesehatannya, mengingat tikus adalah hewan yang membawa berbagai jenis penyakit berbahaya pada kucing seperti parasit yang amat mungkin memberikan dampak kesehatan pada kucing.

Lakukan pemeriksaan secara rutin terhadap kondisi kucing yang pernah didapati mengkonsumsi tikus, Anda juga bisa membawanya ke dokter hewan untuk memberikan vaksin agar tubuh kucing jauh lebih kuat terhadap kemungkinan serangan virus maupun bakteri akibat kegemarannya memakan tikus.

Dengan demikian, Anda tidak bisa mencegah kucing untuk tidak atau berhenti memakan tikus. Sebab, hal itu merupakan naluri alamiah dari seekor kucing yang sudah ada sejak mereka dilahirkan. Yang harus Anda lakukan adalah terus memantau kondisi kesehatannya sembari terus memenuhi kebutuhan asupan makanan yang bergizi untuk kucing peliharaan Anda. (skz)

Leave a Reply