Home > Usaha > Ini 5 Peluang Usaha yang Bakal Cuan Pasca Pandemi Covid-19

Ini 5 Peluang Usaha yang Bakal Cuan Pasca Pandemi Covid-19

peluang usaha

Pandemi Covid-19 yang terjadi telah mengubah banyak perilaku masyarakat termasuk dari sisi ekonomi yang menjadi sektor paling terdampak oleh pandemi. Keadaan ini pula yang membuat banyak pelaku usaha yang mengubah cara bisnis hingga jenis usahanya untuk menyesuaikan dengan keadaan saat ini.

Penerapan protokol kesehatan yang ketat seperti mencuci tangan, memakai masker hingga menjaga jarak adalah kewajiban yang mutlak menjadi bagian dari keseharian saat ini. Akibatnya, pergerakan orang juga kian terbatas.

Aktivitas kantor yang dibatasi, sekolah-sekolah yang harus dilakukan dari rumah (school from home) dan pembatasan aktivitas diluar rumah kini menjadi hal yang biasa.

Keadaan ini secara otomatis berdampak langsung pada geliat usaha mulai dari yang skala UKM hingga yang lebih besar. Kondisi ini bahkan diprediksi akan berlangsung selama beberapa tahun ke depan.

Bagi pelaku usaha yang tak mampu berinovasi, kondisi ini jelas akan semakin memperparah kelangsungan bisnisnya bahkan untuk sekedar bertahan (survive), sementara bagi mereka yang jeli justru menjadikan keadaan saat ini sebagai tantangan hingga peluang bisnis baru dengan memilih jenis usaha yang menyesuaikan keadaan pandemi.

Perubahan perilaku masyarakat di masa pandemi inilah yang memunculkan ide usaha baru yang bisa menghasilkan keuntungan yang bahkan tak hanya sekedar untuk bertahan tapi juga mampu menunjukkan eksistensi bisnisnya.

Jenis Usaha Pasca Pandemi Covid-19

Keuntungan lain dari memulai usaha yang tepat di saat pandemi adalah, tak perlu modal yang besar seperti untuk menyewa toko karena umumnya bisnis di masa pandemi dan di era digital seperti saat ini cukup dijalankan secara online termasuk efisiensi biaya dalam hal promosi yang cukup dilakukan melalui media-media sosial atau platform-platform jual beli online.

Berikut sejumlah peluang usaha yang diperkirakan bakal moncer di masa pandemi seperti saat ini;

1. Mentoring

Pemberlakuan work from home dan pembatasan sosial yang menempatkan rumah sebagai pusat aktivitas tak lantas menjadikan masyarakat bisa hidup lebih hemat, justru malah sebaliknya. Pasak jauh lebih besar daripada tiang, banyak pengeluaran-pengeluaran tak terduga yang jauh lebih besar jauh sebelum pandemi terjadi.

Oleh karenanya, dibutuhkan mentoring yang tepat untuk memberikan pemahaman pengelolaan finansial yang tepat dan sesuai kebutuhan bagi masyarakat. Nah, jasa mentoring ini masih belum banyak dilirik oleh pelaku usaha.

Padahal, dari sisi modal, usaha jasa mentoring ini terbilang kecil apalagi aktivitas mentoring tak perlu dilakukan secara tatap muka kepada pesertanya.

Memberikan edukasi dan pemahaman dan pengelolaan keuangan yang tepat sangat dibutuhkan oleh masyarakat saat ini, khususnya bagi kalangan menengah ke atas yang paling banyak mengalami jetlag akibat pandemi bisa jadi peluang usaha baru tentunya buat kamu yang benar-benar memahami tentang manajemen pengelolaan keuangan.

2. Jasa Kurir

Kalau peluang usaha yang satu ini, mungkin tak terlalu membutuhkan latar belakang yang khusus. Tapi, usaha yang satu ini membutuhkan modal awal berupa kepercayaan dari konsumennya serta tarif jasa yang kompetitif. Dari usaha ini juga kamu bisa mengajak orang lain bekerjasama mulai dari pengelola rumah makan, laundri dan usaha lain yang membutuhkan jasa kurir.

Kamu juga bisa membantu orang lain yang terkena PHK untuk menjadi kurir melalui sistem bagi hasil. Jasa kurir saat ini makin banyak dilirik tak hanya oleh orang yang tertarik untuk memulai bisnis jasa ini tapi juga masyarakat yang membutuhkan jasa ini sehingga tak harus keluar rumah.

3. Jastip

Sama seperti jasa kurir, jastip atau jasa titip juga bisa menjanjikan keuntungan buat kamu. Bayangkan, ketika kamu hendak pergi ke suatu tempat atau berbelanja di tempat tertentu, kemudian menawarkan jasa titip kepada teman atau tetangga di sekitar rumah, kamu bisa sekali mendayung dua tiga pulau terlewati.

Apalagi umumnya pusat-pusat perbelanjaan kebutuhan rumah tangga kerap memberikan diskon atau bahkan harga khusus grosir jika membeli dalam jumlah yang banyak. Nah, selain mendapat untung dari jasa titip kamu bisa juga mendapat untung dari selisih harganya.

Tak hanya itu saja, secara tidak langsung kamu sudah membantu pemerintah dalam menerapkan pembatasan sosial sekaligus juga membantu teman atau tetangga kamu yang tidak perlu repot apalagi khawatir terinfeksi virus ketika harus keluar rumah. Tapi ingat, sebelum keluar rumah pastikan memakai masker dan menjaga jarak ya.

4. Bisnis Tanaman Hias

Sejak pemberlakuan pembatasan sosial di seluruh wilayah di Indonesia, memang membuat semua orang menghabiskan waktunya di rumah. Hal ini tentunya menimbulkan rasa bosan, untuk itu pula banyak masyarakat yang memilih menyalurkan hobinya seperti tanaman hias, selain bisa mengusir rasa bosan juga bisa mempercantik rumah.

Peluang bisnis tanaman hias ini tak pernah sepi peminatnya, bahkan sempat booming bahkan tak hanya ibu-ibu rumah tangga, kaum pria pun mulai melirik hobi ini sebagai bagian dari gaya hidup.

Nah, berangkat dari kebiasaan baru itu, kamu bisa juga menjadikan bisnis tanaman hias sebagai peluang usaha baru, jika tak memiliki space lahan yang luas, kamu bisa bekerjasama dengan pembudidaya tanaman hias melalui sistem reseller atau dropshipper.

Ingatlah, harga sebuah tanaman hias bisa bernilai tinggi jika ditawarkan kepada pecinta tanaman hias dan ini bisa menjanjikan keuntungan berlipat buat kamu.

5. Perlengkapan Kesehatan

Kebutuhan masker hingga hand sanitizer di masa pandemi sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat. Tingginya kebutuhan alat pelindung diri ini bisa jadi peluang baru buat kamu, tak hanya sekedar menjadi distirbutor tapi kamu juga bisa menjadi produsen langsung dengan menawarkan harga yang lebih kompetitif.
Tapi ingat, meski bisa membuat masker dengan berbagai desain dan motif yang menarik, kamu juga harus memperhatikan kualitas masker yang kamu buat sudah sesuai dengan standar kesehatan. (SKZ)

 

 

 

Leave a Reply