Home > Rumah > Cara Memilih Sarden yang Aman Dikonsumsi dan Tidak Mengandung Cacing

Cara Memilih Sarden yang Aman Dikonsumsi dan Tidak Mengandung Cacing

sarden

Beberapa waktu yang lalu masyarakat dikagetkan dengan adanya temuan sejumlah merek sarden yang diduga mengandung cacing. Hal ini tak ayal membuat resah masyarakat yang sudah terbiasa mengonsumsi sarden, mengingat harga makanan kemasan ini relatif murah.

BPOM juga langsung merespon temuan ini dengan menarik semua peredaran sarden di pasaran untuk dilakukan penelitian.

Hasil Penelitian BPOM Terhadap Ikan Sarden

Namun ternyata setelah diteliti oleh BPOM ternyata ikan sarden dalam kemasan masih aman dan tetap layak untuk dikonsumsi. Sebab, indikasi adanya makanan kemasan sejenis sarden yang mengandung cacing adalah untuk produk makanan kemasan ikan makarel.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) beserta BPOM juga sudah menjamin bahwa ikan sarden dalam kemasan tetap layak konsumsi.

Namun tak ayal, informasi ini sudah terlanjur berkembang di masyarakat sehingga membuat penjualan ikan sarden anjlok drastis akibat isu tersebut.

Cara Membedakan Ikan Makarel dan Ikan Sarden

Penting pula diketahui bahwa ikan makarel dan ikan sarden memiliki perbedaan yang sangat signifikan, berikut beberapa diantaranya:

Ikan Makarel

Ikan Makarel adalah famili dari ikan Tuna, beratnya mencapai sekitar 500 gram dengan panjang ikan antara 35-45 cm.

Ikan ini memiliki karakter bentuk yang hanya memiliki satu sirip pendek di punggung bagian tengah. Selain itu, perbedaan lainnya adalah warna tubuh yang dominan berwarna gelap serta cenderung lengket atau berminyak. Daerah sebaran ikan makarel berada di wilayah perairan Jepang dan Eropa.

Ikan Sarden

Sedangkan ikan sarden, ukurannya jauh lebih kecil dari makarel, sehingga jumlah ikan sarden olahan dalam kemasan biasanya akan terdiri dari 3 sampai 4 ekor ikan, berbeda dengan ikan makarel yang jumlah dalam makanan kemasan olahannya hanya terdiri dari satu ekor yang dipotong menjadi beberapa bagian meliputi ekor dan badannya.

Dari sisi fisik, perbedaan ikan sarden dan makarel adalah jumlah sirip ikan sarden terdapat sedikitnya lebih dari enam sirip yang terletak dibeberapa bagian tubuhnya mulai dari ekor hingga berjejer ke punggungnya.
Warna tubuh ikan sarden juga cenderung variatif, dengan bagian punggung yang umum berwarna hijau keemasan serta di bagian bawah perutnya berwarna silver terang. Dan, wilayah sebarannya terletak di perairan Inggris, Norwegia, Denmark, Swedia.

Cara Memilih Sarden yang Aman

Setelah diketahui perbedaan antara ikan sarden dan makarel maka cara selanjutnya adalah memilih jenis sarden yang aman untuk dikonsumsi dan tidak diindikasikan mengandung cacing.

Banyak merek dan jenis produk ikan kemasan olahan yang dijumpai di pasaran dan aman untuk dikonsumsi seperti merek ABC, Maya dan Bottan, merek-merek ini adalah produsen ikan sarden yang aman untuk dikonsumsi.
Sedangkan indikasi ikan kemasan olahan yang diindikasikan atau diduga mengandung cacing adalah merek: Hoki, Farmer Jack serta IO

Tips Memilih Sarden

Meski sudah mengetahui perbedaan antara ikan sarden dan makarel, namun Anda juga tetap perlu selektif dalam memilih makanan kemasan ikan olahan yang aman untuk dikonsumsi bersama keluarga.
Berikut beberapa tips mudah memilih makanan kemasan olahan ikan:

Periksa Kemasan

Selalu memeriksa kondisi fisik kemasan ikan olahan adalah cara pertama memilih makanan ikan olahan. Pilihlah kemasan makanan yang utuh, baik dan tidak rusak.

Cek Izin Edar

Cek izin edar produk makanan sarden. Produsen biasanya selalu memberikan informasi khusus seputar izin produksi hingga kandungan makanan dalam kemasan produk untuk memudahkan pembelinya mengetahui tentang manfaat serta kandungan produk makanan olahan.

Cek Masa Kadaluarsa

Meski makanan sarden dipastikan aman untuk dikonsumsi namun Anda juga perlu memeriksa masa kadaluarsa produk makanan olahan tersebut.

Cek Cara Penyimpanan

Tiap produsen umumnya memberikan rekomendasi cara penyimpanan maupun penyajian makanan yang tepat. Oleh karena itu selalu pastikan cara penyimpanan makanan yang baik agar tidak mempengaruhi produk yang ada di dalamnya.

Itulah tadi informasi seputar ikan sarden yang aman untuk dikonsumsi dan tidak mengandung cacing, meski demikian masyarakat selaku konsumen harus tetap cermat dan jeli dalam memilih produk makanan yang tepat dan menyehatkan.

Leave a Reply