Home > Edupedia > 6 Aplikasi untuk Membuat Video Pembelajaran melalui Smartphone maupun Komputer

6 Aplikasi untuk Membuat Video Pembelajaran melalui Smartphone maupun Komputer

video pembelajaran

Tenaga pendidik saat ini harus memiliki keahlian lain selain mengajar, termasuk membuat media pembelajaran interaktif salah satunya melalui video.

Terlebih keahlian itu menjadi sangat dibutuhkan di musim pandemi seperti saat ini untuk memudahkan proses belajar dan mengajar.

Saat ini banyak aplikasi yang juga dapat membantu para guru dalam membuat materi pembelajaran berbentuk video yang bisa digunakan dengan mudah yang bisa digunakan tak hanya di desktop tapi juga melalui smartphone.

Terdapat sejumlah aplikasi yang bisa digunakan untuk membantu guru tak hanya untuk membuat video tapi juga untuk mengedit serta mempercantik tampilan video agar lebih menarik agar suasana belajar lebih hidup dengan tingkat partisipasi siswa yang tinggi.

Berikut 6 aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk mempermudah guru dalam membuat materi video pembelajaran:

Inshot

Aplikasi editing video yang pertama yakni Inshot. Inshot amat ramah terhadap pengguna pemula. Tools yang ada di Inshot pun relatif mudah dipahami. Selain itu, aplikasi ini tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang besar. Anda bisa menggabungkan foto dan video dalam satu file dengan cara yang mudah atau menambahkan fitur musik atau efek suara untuk membuat video menjadi lebih menarik.

Magisto Editor Video

Magisto Editor Video bisa diunduh di Google Playstore. Kualitas video yang dibuat melalui aplikasi ini akan terlihat lebih realistis layaknya seperti alur film. Selain terlihat lebih berbeda, hasil editing video dengan aplikasi ini juga akan disukai oleh para siswa.
Jika selama ini kebanyakan aplikasi menempatkan watermark untuk hasil video editingnya, maka berbeda dengan Magisto Editor Video yang membebaskan penggunanya tanpa harus terganggu watermark.

Action Director

Pernah menjadi aplikasi editing video paling populer di perangkat komputer, Action Director kini juga bisa digunakan melalui smartphone. Banyak fitur di aplikasi ini yang menarik dan aplikatif untuk mendukung tampilan dan kualitas video.

Baca Juga:  5 Aplikasi Tema Smartphone Kekinian Gratis dan Full Fitur

Anda bisa menyisipkan teks atau mengedit scene video yang dianggap tidak perlu serta menyisipkan musik maupun instrumen. Hebatnya lagi, di aplikasi ini juga terdapat fitur slow motion yang bisa memperlambat gerak video agar terlihat lebih berbeda.

Kine Master

Aplikasi ini sudah cukup banyak digunakan oleh pengguna smartphone, selain karena gratis, banyak pula fitur di aplikasi Kine Master yang sangat membantu para pengguna awam sekalipun untuk mengedit video.
Efek seperti filter audio, maupun efek suara yang tidak bisa ditemukan di aplikasi lainnya bisa dengan mudah didapatkan di aplikasi ini, sehingga tak heran jika banyak yang memilih menggunakan aplikasi ini untuk kebutuhan editing video.

Empressr

Empressr menjanjikan hasil video pembelajaran yang menarik serta tidak terkesan monoton dan akan disukai oleh siswa.

Membuat video materi pembelajaran juga akan terasa lebih mudah karena aplikasi ini memiliki banyak keunggulan termasuk untuk menambahkan gambar ke dalam video serta mengubah tampilan video menjadi bentuk animasi.

FilmoraGo

FilmoraGo adalah aplikasi yang tak kalah populer bahkan banyak tenaga pendidik yang menggunakan aplikasi ini untuk membuat video pembelajaran yang menghibur. Selain itu, aplikasi ini juga sudah terintegrasi dengan aplikasi berbasis video lainnya sehingga dapat dengan mudah diunggah langsung ke platform berbagi video lainnya.

Ukuran layar video pun dapat dengan mudah disesuaikan tergantung dengan kebutuhan penggunanya cara penggunaannya pun sangat mudah karena banyak fitur yang memudahkan siapapun penggunanya termasuk tenaga pendidik sekalipun.

You may also like
mata pelajaran biologi
Tips Mengajar Mata Pelajaran Biologi agar Siswa Betah

Leave a Reply