Home > Wisata > 10 Spot Camping Terbaik di Pantai Gunung Kidul

10 Spot Camping Terbaik di Pantai Gunung Kidul

spot camping

Gunung Kidul dikenal sebagai surganya obyek wisata pantai di Yogyakarta. Banyak destinasi menarik yang bisa dijadikan sebagai lokasi liburan favorit untuk refreshing dengan suasananya yang masih alami dan udaranya yang masih segar.

Saat ini pun, banyak obyek wisata pantai di Gunung Kidul yang tak hanya dijadikan sebagai lokasi rekreasi saja, tapi juga untuk berkemah agar lebih menikmati suasana dan keindahan pantainya sambil membuat api unggun.

Berikut 10 daftar pantai di Gunung Kidul yang bisa dijadikan spot camping terbaik yang tak hanya menawarkan panorama alamnya yang indah sekaligus efektif sebagai tempat refreshing yang ideal;

1. Pantai Sepanjang

Jam Buka: 24 hours
HTM: Rp10.000
Lokasi Jl. Sepanjang, Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Indonesia, 55881

Memiliki garis pantai terpanjang di Gunung Kidul, Pantai Sepanjang menawarkan keindahan berupa hamparan laut biru yang indah bak permadani. Meski ombaknya lumayan kuat, namun kamu tetap bisa bermain air di bibir pantainya.

Pasir pantainya yang lembut dan bersih juga bisa dijadikan sebagai tempat bersantai atau mencandai kerang dan bahkan membuat istana pasir. Jika berkemah bersama teman, pasir pantainya juga bisa dijadikan tempat bermain voli pantai.

Aktivitas lain yang juga tak kalah menyenangkan adalah menyusuri pantai dan menikmati berbagai keindahan bukit karang yang hijau diantara kesejukan suasana angin laut yang berhembus perlahan atau bagi kamu yang memiliki hobi memancing, pantai ini menawarkan spot memancing berbagai jenis ikan karang seperti simba maupun kerapu.

Tak hanya itu saja, Pantai Sepanjang memiliki spot untuk menikmati keindahan sunset maupun sunrise yang memukau. Di pagi hari sambil berendam di air laut yang menyehatkan menikmati pendaran sinar mentari yang berkilau dengan udaranya yang segar sangat baik untuk kesehatan.

Demikian halnya di kala sunset, pendaran warna oranye yang memenuhi langit senja kian membuat suasana syahdu sambil membuat api unggun dan membakar ikan hasil memancing atau menjerang air untuk membuat kopi dan bermain bersama teman camping.

Banyak pula spot menarik yang bisa dijadikan sebagai latar swafoto menarik untuk menghiasi laman-laman media sosial yang tak akan bisa dijumpai di pantai lain, mulai dari bukit karang hingga keindahan saat matahari mulai tenggelam di ufuk barat.

Fasilitas yang ada di Pantai Sepanjang pun sudah relatif lengkap, termasuk penyewaan tenda hingga alat pancing. Demikian juga untuk kebutuhan toilet maupun tempat ibadah sudah tersedia di tempat ini.

2. Pantai Sanglen

Jam Buka 24 hours
HTM Rp10.000
Lokasi Kemadang, Tanjung Sari, Gunung Kidul, DI Yogyakarta

Pantai ini masih relatif minim kunjungan wisatawan, karenanya banyak pengunjung yang menjadikan pantai ini sebagai tempat untuk camping yang nyaman tanpa harus khawatir terganggu aktivitas pengunjung lain.

Rindangnya pepohonan cemara yang berada tidak jauh dari bibir pantai mampu berjajar rapih bersanding dengan pepohonan pandan laut yang menghadirkan udara yang sejuk dengan angin yang tidak terlalu kuat.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan saat berkemah di pantai ini, mulai dari bersantai, menyusuri pantai, berenang, memancing hingga menikmati keindahan tebing karang atau bahkan berburu spot foto yang menarik.

Hamparan pasir putih Pantai Sanglen yang masih bersih dan lembut juga kian menambah keasrian pantai ini. Deburan ombaknya yang kuat juga menjadi pengiring saat menyusuri tepian pantai ditingkahi kawanan kepiting yang berlarian menuju ke bibir pantai.

Malam harinya, kamu dan teman-teman bisa membuat api unggun untuk memasak makanan atau membakar ikan dan menjerang air untuk membuat kopi sebagai pengusir rasa dingin sambil bercanda bersama sahabat lewat permainan seru atau hanya sekedar bersantai menikmati keindahan malam di Pantai Sanglen yang terasa damai.

Jangan khawatir, di pantai ini juga tersedia fasilitas yang memadai untuk kebutuhan toilet atau musala yang bisa dijumpai di sekitar warung makan yang juga menjual berbagai menunya yang khas dengan harga yang relatif terjangkau.

3. Pantai Watu Kodok

Jam Buka 24 hours
HTM Rp10.000
Lokasi Kelor Kidul, Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Indonesia, 55881

Pantai ini dikenal dengan Watu Kodok karena keberadaan sebuah batu karang yang bentuknya seperti kodok yang pada akhirnya menjadi nama dari pantai ini. Pantai ini memiliki keindahan berupa pasir pantai yang putih bersih dan lembut yang dilengkapi dengan bebatuan karang eksotis yang menawan.

Selain itu, pantai Watu Kodok menjadi tempat yang sangat ideal untuk berkemah karena masih minim kunjungan wisatawan sehingga banyak aktivitas yang bisa dilakukan tanpa harus terganggu dengan aktivitas wisatawan lain.

Tak hanya itu saja, di pagi hari keindahan pemandangan pantai ini kian lengkap dengan hadirnya mentari yang terbit dari timur yang membuat suasananya terkesan hangat sambil berendam di bibir pantai yang menyehatkan.

Menyusuri pasir pantainya yang lembut dan putih bersih serta terbebas dari sampah ini juga bisa sangat menyenangkan sambil mengumpulkan berbagai jenis rumah-rumah kerang dengan bentuknya yang unik.

Atau bisa juga bermain sepak bola bersama teman sambil menunggu sunset untuk menikmati keindahan suasana Pantai Watu Kodok khususnya saat matahari mulai kembali ke peraduannya yang menghadirkan gradasi warna yang indah.

Bisa juga dengan bersantai di gazebo yang sudah tersedia di sekitar Pantai Watu Kodok dengan angin pantai yang membuai atau bisa juga sambil menikmati es kelapa muda yang segar.

Malam harinya, membuat api unggun dari ranting-ranting yang dikumpulkan di tepian pantai sambil membakar ikan atau menjerang air untuk membuat kopi atau wedang jahe yang menyegarkan sangat mampu mengusir rasa dingin dari udara Pantai Watu Kodok yang lumayan kencang.

Meski demikian, dari sisi fasilitas pantai Watu Kodok memang masih sangat minim. Hanya tersedia musala, area parkir serta toilet itupun berada sedikit jauh dari Pantai Watu Kodok.

4. Pantai Drini

Lokasi Desa Banjarejo, Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta
Jam Buka 24 hours
HTM Rp10.000

Pantai Drini menawarkan keindahan yang masih alami dan bersih dengan udaranya yang segar, karenanya tak salah jika pantai ini memiliki nama lain yakni pantai perawan karena suasananya yang masih asri.

Baca Juga:  Tiga Rekomendasi Angkringan Resto Solo Terbaik dan Murah, Lengkap Berikut Menu dan Harganya

Air laut pantai Drini yang jernih dan tenang serta tebing karang yang menjulang tinggi hingga keberadaan pulau yang juga memiliki nama yang sama dengan pantai ini semakin menambah keelokan pantai ini.

Selain itu pasir putih pantai yang putih dan bersih dari sampah membuat wisatawan kerap menjadikannya tempat untuk bersantai sambil menghirup udara pantai yang segar dan jauh dari polusi kendaraan.

Pantai Drini juga kerap disebut oleh wisatawan sebagai tanah lotnya Yogyakarta karena panorama alamnya hampir sama persis dengan obyek wisata yang ada di pulau Dewata tersebut.

Pulau karang yang berada tepat di seberang pantai juga bisa dengan mudah dikunjungi oleh wisatawan untuk menikmati keindahan pulau kecil yang masih alami. Berada di pulau ini pada saat matahari sedang terbenam akan membuat seolah sedang berada di pulau milik pribadi.

Berbagai wahana air pun bisa dijumpai seperti bermain kano, atau menjajal sensasi bermain banana boat juga akan menjadi aktivitas yang paling menyenangkan ketika berada di Pantai Drini ini.

Banyak tempat di Pantai Drini yang bisa dijadikan sebagai spot foto untuk menghiasi laman media sosial dan dijamin bakal membuat siapapun yang melihatnya terpukau dan penasaran untuk berkunjung ke pantai yang terkenal akan keindahannya ini.

Berenang di Pantai Drini juga menjadi kegiatan yang paling mengasyikkan ketika berada di pantai ini, pengunjung bisa melihat berbagai jenis ikan hias yang berenang dan terkesan jinak di antara terumbu karang yang ada di tepian pantai ini.

Untuk fasilitas penunjang, di Pantai Drini memang sudah lumayan refresentatif khususnya fasilitas utama seperti musala, toilet, ruang bilas, area parkir hingga warung-warung makan yang dikelola oleh warga sekitar.

5. Pantai Watu Bolong

Lokasi Jl. Drini Timur, Banjarejo, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul,
Jam Buka 24 hours
HTM Rp.10.000

Pernah gak kamu membayangkan memiliki pantai pribadi yang masih bersih dengan suasananya yang segar dan berbagai keindahan lainnya. Nah, Pantai Watu Bolong, mampu menghadirkan mimpi kamu.

Selain serasa memiliki pantai pribadi sendiri karena masih minim angka kunjungan, pantai ini juga terasa lebi spesial karena terdapat sebuah batu karang yang berlubang mirip seperti terowongan akibat pengikisan dari ombak pantai.

Aktivitas bersantai di pantai Watu Bolong juga menjadi salah satu hal yang paling diminati oleh siapapun yang sedang berkemah di pantai ini, karena suasananya yang masih alami dengan udara yang segar khas kawasan pesisir membuat siapapun yang berada disini betah berlama-lama sambil menikmati panorama alamnya yang eksotis.

Pasir pantai Watu Bolong juga bisa dijadikan wahana untuk bermain pasir pantai seperti membuat istana pasir atau berlari-larian di sekitar pantai dengan pasirnya yang lembut dan hangat ini atau bermain voli pantai bersama sahabat.

Lingkungan pantai yang masih asri dan deburan ombak pantai Watu Kodok yang lumayan kuat juga menjadi spot yang ideal untuk berswafoto dengan mengambil latar pemandangan pantai yang indah yang sesekali ditingkahi oleh deburan ombaknya yang tinggi ketika sampai di pantai.

Pantai ini juga menjadi tempat favorit untuk menikmati sunrise yang muncul di sekitar pantai sehingga menghadirkan suasana yang hangat terlebih ketika sinar mentari menembus sela-sela pepohonan dan berpendar di permukaan air laut akan memberikan pemandangan yang eksotis.

Demikian halnya ketika sore hari, pemandangan sunset yang menawan dengan langit yang berwarna jingga seolah ikut mengantarkan matahari kembali ke peraduannya dengan suasana yang semakin bertambah romantis.

Karena layaknya surga yang tersembunyi, fasilitas yang dimiliki pantai ini memang masih amat minim, hanya terdapat sarana seperti musala dan toilet itupun menumpang di warung-warung makan yang ada di sekitar Pantai Watu Bolong ini.

6. Pantai Ngerumput

Lokasi Banjarejo, Tanjungsari, Area Hutan, Ngestirejo, Tanjungsari, Gunung Kidul, DI Yogyakarta
Jam Buka 24 hours
HTM Rp10.000-Rp15.000

Batuan karang yang tersebar tak beraturan di sekitar bibir pantai serta keberadaan sebuah bukit karang yang bolong yang dihempas oleh ombak yang kuat juga mampu menghadirkan suasana yang berbeda dengan pantai-pantai lain di Gunung Kidul.

Karenanya tak salah jika Pantai Ngerumput ini dijadikan sebagai spot untuk berkemah, selain karena keindahan pantainya yang alami juga pemandangan sunrise dan sunsetnya yang sangat susah untuk dilewatkan.

Saat pagi hari, sinar mentari yang masuk melalui celah dua tebing karang raksasa efektif menghadirkan suasana pantai yang hangat terlebih dengan sinar mentari yang menyehatkan membuat pengunjung sangat menyukai tempat ini karena suasananya yang menyegarkan.

Demikian halnya ketika sore hari menjelang senja, pemandangan matahari yang beranjak ke peraduannya di ufuk barat di lepas pantai Samudera Hindia juga menghadirkan efek warna langit yang memantul di perairan pantai sehingga menghadirkan warna jingga yang menawan dan sangat romantis.

Bagi kamu yang memiliki kegemaran memancing, di salah satu tebing karang Pantai Ngerumput ini terdapat spot khusus untuk menyalurkan hobi memancing. Berbagai jenis ikan karang seperti simba, kerapu hingga giant trevally berukuran besar siap menguji nyali para pemancing dengan merasakan sensasi tarikan pancingnya yang kuat.

Pantai ini juga memiliki berbagai spot menarik untuk dijadikan sebagai latar swafoto yang keren, mulai dari pantainya yang eksotis ditambah keberadaan dua tebing karang raksasa yang menjulang hingga deretan perahu nelayan berbagai warna akan memberikan panorama yang menarik untuk selfie.

Malam harinya, kamu dan teman-teman bisa duduk mengelilingi api unggun sambil membakar ikan hasil memancing dan bersantai di tepian pantai untuk menikmati alunan deburan ombak yang dihiasi ratusan bintang di langit Pantai Ngerumput.

Untuk fasilitas penunjangnya, warga sekitar telah menyediakan sarana seperti musala, toilet hingga warung makan yang bisa dengan mudah kamu jumpai di Pantai Ngerumput ini. Selain itu terdapat pula tempat penyewaan tenda bagi kamu yang tidak membawa perlengkapan untuk berkemah.

7. Puncak Bukit Kosakora

Lokasi Banjarejo, Tanjungsari, Area Hutan, Ngestirejo, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881
Jam Buka 24 hours
HTM Rp. 10.000

Baca Juga:  Keindahan Pulau Tidung Kepulauan Seribu di Teluk Jakarta

Berada di puncak Kosakora ini, kamu bakal bisa menikmati keindahan saat matahari sedang terbenam dengan warnanya yang khas dan memukau dan mampu menghadirkan suasana yang romantis.

Puncak Kosakora yang masih berada dalam satu lokasi dengan Pantai Drini ini juga dikenal dengan keberadaan tebing karangnya yang mempesona.

Puncak Kosakora adalah berupa pulau karang yang berada tepat di seberang pantai yang lumayan ramai dikunjungi oleh wisatawan untuk menikmati keindahan pulau kecil yang masih alami. Berada di pulau ini pada saat matahari sedang terbenam akan membuat kamu seolah sedang berada di pulau milik pribadi.

Banyak tempat di Puncak Kosakora yang bisa dijadikan sebagai spot foto untuk menghiasi laman media sosial kamu dan dijamin bakal membuat siapapun yang melihatnya terpukau dan penasaran untuk berkunjung ke puncak Kosakora yang terkenal akan keindahannya ini khususnya pemandangan dari atas ketinggian berupa hamparan samudera Hindia yang luas dan keindahan Pantai Drini.

Puncak Kosakora memiliki daya tarik berupa keindahan alam yang akan membuat kamu jatuh cinta ketika berada disini. Kamu dapat melihat secara leluasa lautan lepas yang membiru ditemani hembusan angin laut yang mententramkan jiwa. Tempat ini sangat cocok bagi kamu yang ingin mengasingkan diri dari keramaian kota.

Suasana di puncak sangat asri dan masih alami. Untuk kamu yang memiliki minat fotografi bertema pemandangan alam, Puncak Kosakora bisa jadi spot terbaik untuk mendokumentasikan berbagai keindahan yang ditawarkan di puncak Kosakora ini.

Namun, saat berkemah di Puncak Kosakoran ini, kamu dan siapapun yang camping disini dilarang untuk membuat api unggun karena dikhawatirkan bakal merusak tanaman yang ada di sekitar Puncak Kosakora ini.

Tapi tenang, meski kamu dan teman-teman tak bisa menikmati api unggun, fasilitas disini sudah lumayan lengkap sehingga tak perlu repot memasak air untuk membuat kopi termasuk memasak nasi dan lauk, karena terdapat banyak kedai makan yang menawarkan berbagai menu termasuk seafood hingga penyewaan tenda untuk berkemah.

8. Pantai Krakal

Lokasi Ngestirejo, Tanjungsari, Gunung Kidul, DI Yogyakarta
Jam Buka 24 hours
HTM Rp10.000

Sejumlah peneliti menyebut jika keberadaan Pantai Krakal ini terjadi akibat proses epirogenesa negatif atau pergerakan dasar bumi yang menyebabkan naiknya lapisan permukaan bumi. Proses ini terjadi selama ratusan dan bahkan ribuan tahun yang lalu.

Nah, Pantai Krakal ini disebut-sebut awalnya adalah dasar laut yang terangkat ke atas hingga akhirnya menjadi pantai seperti saat ini. Salah satu indikator jika pantai ini dulunya adalah dasar laut ditunjukkan dengan keberadaan dua batu karang besar yang awalnya berada di dasar laut.

Keberadaan batu karang besar ini juga yang membatasi permukaan laut dan bibir pantai sehingga menghasilkan bentang pantai yang menawan dan indah dan berbeda dari pantai-pantai lain yang ada di Gunung Kidul.

Cara untuk menikmati keindahan Pantai Krakal adalah dengan menaiki puncak batu karang besar yang tepat berada di tengah Pantai Krakal. Dari sini pengunjung akan bisa menikmati keindahan dua pemandangan sekaligus berupa hamparan Samudera Hindia yang luas dan keindahan Pantai Krakal dengan beragam warnanya yang kontras.

Tenang saja, pengelola pantai sudah membuat jalur khusus agar pengunjung bisa mendaki tebing karang ini sehingga aman untuk siapapun, selain itu di puncak karang ini juga bidangnya relatif datar sehingga banyak aktivitas yang bisa dilakukan ketika berada di atas tebing karang ini.

Tak hanya itu saja, di Pantai Krakal ini pengunjung juga bisa bermain surfing tanpa harus khawatir tergulung ombak yang besar atau bahkan menghantam karang, karena pantai ini sangat ramah untuk berbagai wahana air termasuk bermain selancar.

Jernihnya air laut di Pantai Krakal juga bisa dijadikan sebagai spot snorkling untuk menikmati berbagai keindahan biota laut seperti terumbu karang beragam warna dan ukuran, hingga beragam ikan hias yang berenang di antara rumput laut yang dijamin akan membuat siapapun terpesona melihatnya.

Aktivitas bersantai di pantai Krakal juga menjadi salah satu hal yang paling diminati oleh wisatawan ke berkunjung ke pantai ini, karena suasananya yang masih alami dengan udara yang segar khas kawasan pesisir membuat siapapun yang berada disini betah berlama-lama sambil menikmati panorama alamnya yang eksotis.

Gazebo yang dibuat dari kayu yang menarik juga bisa dijadikan sebagai tempat bersantai sambil menikmati kesegaran udara pantai Krakal bersama dengan keluarga.

Pasir pantai Krakal juga kerap dijadikan sebagai spot tempat untuk anak-anak bermain pasir pantai seperti membuat istana pasir atau berlari-larian di sekitar pantai dengan pasirnya yang lembut dan hangat ini.
Terdapat sejumlah gazebo yang tepat menghadap ke laut lepas yang bisa menjadi tempat oleh pengunjung sebagai tempat untuk menikmati keindahan Pantai Krakal sekaligus menjadi spot swafoto terbaik di Pantai Krakal ini.

Banyak pengunjung yang datang ke pantai ini di pagi hari untuk menikmati sunrise yang muncul di sekitar pantai sehingga menghadirkan suasana yang hangat terlebih ketika sinar mentari menembus sela-sela pepohonan akan memberikan pemandangan yang eksotis.

Demikian halnya ketika sore hari, pemandangan sunset yang menawan dengan langit yang berwarna jingga seolah ikut mengantarkan matahari kembali ke peraduannya dengan suasana yang semakin bertambah romantis.

Sebagai obyek wisata yang sudah terkenal dan menjadi destinasi yang menghiasi banyak laman media sosial membuat tempat ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang relatif lengkap.

Fasilitas itu meliputi musala, toilet, ruang bilas, area parkir yang luas termasuk pula kedai-kedai makan hingga penyewaan tenda buat kamu yang ingin berkemah tapi tak membawa perlengkapan yang memadai.

9. Pantai Sundak

Lokasi Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881
Jam Buka 24 hours
HTM Rp.10.000

Pantai Sundak tak hanya sekedar menawarkan keindahan pantai berpasir putih dengan ombaknya yang tenang. Tak hanya itu saja, panorama alam yang indah dengan berbagai biota laut yang dapat dengan mudah dijumpai di bibir pantai tanpa harus khawatir dengan ombak pantai yang relatif tenang bahkan nyaris menyerupai danau.

Baca Juga:  Jalan-jalan ke Bali Belum Lengkap Kalau Tidak Beli Oleh-oleh Ini

Pantai ini juga memiliki keunikan berupa goa air tawar yang terdapat di salah satu tebing karang yang ada di sebelah utara pantai Sundak. Lokasinya yang berada di sebuah dinding tebing karang di sebelah utara Pantai Sundak sangat mudah diakses oleh siapapun.

Di dalam goa setinggi 2 meter inilah terdapat sumber air tawar yang segar dan bersih bahkan bisa diminum langsung dan juga menjadi salah satu sumber air warga sekitar khususnya di saat musim kemarau. Karenanya tak heran jika di dalam goa ini juga terdapat pipa-pipa panjang yang mengalirkan sumber air ini ke rumah-rumah warga disekitarnya.

Menikmati berbagai biota laut mulai dari rumput laut, hingga beragam ikan hias yang berenang dengan jinak di antara kaki kamu apalagi ombaknya yang relatif kecil dan tenang membuat kamu bisa dengan bebas beraktivitas di bibir pantai.

Tak hanya di sekitar bibir pantai, di bagian bebatuan karang yang tak terlalu tajam, kamu juga bisa menikmati sekawanan ikan hias yang berenang amat dekat di antara sela-sela bebatuan karang yang menjadi habitat ikan-ikan ini.

Jika bisa menyaksikan sunset saja keindahannya sudah tiada tara, maka dipantai Sundak ini pengunjung mendapat keindahan yang lebih dari Luar biasa. Dari satu titik ini, pengunjung bisa menikmati sunset dan sunrise dari satu tempat yang sama.

Aktivitas bersantai di pantai Sundak juga menjadi salah satu hal yang paling diminati ketika berkemah di pantai ini, karena suasananya yang masih alami dengan udara yang segar khas kawasan pesisir membuat siapapun yang berada disini betah berlama-lama sambil menikmati panorama alamnya yang eksotis.

Lingkungan pantai yang masih asri dan deburan ombak pantai Sundak yang mengalir tenang ke tepian pantainya juga menjadi spot yang ideal untuk berswafoto dengan mengambil latar pemandangan pantai Sundak yang indah yang sesekali ditingkahi oleh aliran ombaknya yang mengalir perlahan ketika sampai di pantai dengan buihnya yang putih dan lembut.

Selain itu, keberadaan sebuah tebing karang besar setinggi 12 meter yang ada di salah satu sisi Pantai Sundak ini juga sangat menawan untuk dijadikan sebagai latar foto selfie atau wefie bareng teman-teman dengan mengambil tema pantai yang masih alami dengan suasananya yang asri ini.

Secara umum, fasilitas di Pantai Sundak sudah relatif memadai, selain ketersediaan musala, toilet hingga area parkir yang luas, di pantai ini juga sudah disediakan khusus lokasi camping yang relatif teduh karena berada dibawah rerimbunan pepohonan yang rindang.

10. Pantai Pok Tunggal

Lokasi Jl. Pok Tunggal, Desa Tepus, Tepus, Gunung Kidul, DI Yogyakarta
Jam Buka 24 hours
HTM Rp10.000

Meski belum terlalu dikenal sebagai lokasi camping, namun Pantai Pok Tunggal Tempat camping yang satu ini memang belum begitu terkenal, namun pantai ini menawarkan bibir pantai yang landai sehingga kamu bisa bebas bermain air termasuk berenang di sekitar pantai.

Selain itu, pasir pantainya yang putih pun bisa jadi wahana menarik bersama keluarga untuk membuat istana pasir atau bermain voli pantai.

Pantai ini dinamakan Pok Tunggal karena keberadaan pohon duras yang hanya ada satu-satunya di pantai ini termasuk di pantai-pantai lain. Padahal pohon ini memiliki karakter yang sulit hidup dan berkembang khususnya di kawasan pesisir yang memiliki karakteristik kontur tanahnya yang berpasir.

Selain itu, terdapat aliran sungai bawah tanah yang bermuara di Pantai Pok Tunggal. Uniknya aliran sungai bawah tanah ini tetap terasa tawar meski berada di kawasan pesisir. Oleh karena keberadaan sungai bawah tanah ini pulalah yang menjadi sumber air bagi warga di kawasan pesisir Pantai Pok Tunggal.

Kamu pun bisa melihat langsung aliran sungai kecil yang muncul dari bawah tanah dengan warnanya yang jernih bercampur dengan pasir pantai yang berwarna kecoklatan. Konon air sungai bawah tanah ini bahkan bisa diminum langsung.

Suasana pantai yang nyaman dan terlindung karena diapit oleh dua barisan tebing raksasa yang ketinggiannya mencapai hingga 50 meter lebih. Keberadaan tebing ini cukup menantang bahkan jadi lokasi untuk menguji adrenalin dengan memanjat tebing dengan ketinggian hampir 50 meter ini.

Dan ketika berada di atas tebing ini, maka pemandangan indah akan tersaji berupa pantai Pok Tunggal yang menghampar bak permadani yang luas.

Tak hanya sampai disitu saja, banyak lokasi di Pantai Pok Tunggal yang bisa dijadikan sebagai spot foto menarik terlebih ketika sunset sedang menjelang. Tepian Pantai Pok Tunggal menjadi tempat paling indah untuk menyaksikan matahari perlahan tenggelam di ufuk barat menyisakan pendaran cahaya dan kilau kuning keemasan yang membuat suasana terasa romantis.

Selain itu, pengelola obyek wisata pantai ini juga mendirikan berbagai macam payung berwarna warni yang juga bisa dijadikan sebagai latar untuk berswafoto.

Kamu yang hobi snorkling, juga bakal terpuaskan dengan pemandangan bawah laut yang paling indah dibanding pantai-pantai lain yang ada di sekitar laut selatan. Keberadaan terumbu karang yang berukuran besar hingga beragam ikan hias menghiasi biota laut perairan pantai ini.

Bahkan pengunjung tak perlu menyelam terlalu dalam untuk menikmati keindahan biota laut tersebut. Cukup dengan snorkling di permukaan air laut pun pemandangan bawah laut itu sudah bisa dilihat karena permukaan pantai yang jernih.

Soal fasilitas, tenang saja, Pantai Pok Tunggal sudah memiliki sejumlah fasilitas penunjang yang relatif lengkap, seperti musala, toilet, ruang bilas hingga ketersediaan air bersih yang bisa digunakan oleh siapapun namun tetap harus menjaga kebersihan.

Dari sekian banyak obyek wisata pantai di Gunung Kidul yang sangat ideal untuk lokasi camping, kami memang sangat merekomendasikan Pantai Sundak sebagai pilihan utama untuk berkemah, karena di pantai ini fasilitas penunjangnya sudah relatif lengkap termasuk ketersediaan air bersih yang memadai buat kamu yang sedang berkemah.

Selain itu, pantai yang relatif landai ini juga aman untuk melakukan berbagai aktivitas air seperti bermain air dan berenang jadi pengalaman camping kamu bakal lebih lengkap dan seru. (skz)

Leave a Reply