Home > Ngliwon > Coba Landaur, Urban Legend Asal Pulau Madura

Coba Landaur, Urban Legend Asal Pulau Madura

coba landaur

Coba Landaur yang memiliki arti “Hantu yang Sangat Tinggi” menjadi sosok urban legend yang berasal dari Pulau Madura dan sangat ditakuti.  Oleh warga Pulau Madura, sosok ini di gambarkan memiliki wujud menyerupai bayangan hitam yang amat tinggi dan panjang bahkan mampu melebihi tinggi pohon kelapa.

Banyak kisah yang pernah dialami warga mengenai kemunculan makhluk astral yang kerap menganggu warga. Tak ada keterangan pasti asal dari sosok makhluk astral ini, hanya saja kepercayaan masyarakat khususnya yang ada di Pulau Madura menyebut bahwa sosok mengerikan dan kerap mencelakakan warga ini dikenal dengan Coba Landaur.

Sejumlah warga mengaku pernah melihat sekaligus dikejar oleh sosok Coba Landaur ini, berikut beberapa kisah diantaranya, seperti yang dikisahkan kepada penulis;

Jadi, dahulu di daerah tempat tinggalku pernah heboh akan penampakan sosok Coba Landaur. Dimana, hantu tersebut di ceritakan suka menakuti para warga setempat saat keluar pada malam hari. Meski rentang waktu kemunculannya hanya berlangsung selama seminggu, beberapa warga di buat resah olehnya.

Berikut ini, aku akan menceritakan kisah horor yang di alami oleh beberapa saksi mata saat bertemu dengan sosok Coba Landaur tersebut. Dimana, kisah horor pertama penampakan Coban Landaur dialami Bang Wais (nama samaran). Pada waktu itu, Bang Wais disuruh oleh Ibunya untuk menimba air di salah satu sumur karena persediaan air menipis.

Berangkatlah ia ke sumur umum itu dengan dibantu oleh alat penerangan seadanya. Kebetulan, sumur tersebut terletak agak jauh dari pemukiman warga disana. Saat tiba di lokasi, tanpa berlama-lama Bang Wais langsung menimba air di area sumur. Ketika ember itu diturunkan ke dalam lubang sumur, terdengar suara ember yang membentur sesuatu.

Baca Juga:  Teror Nenek Bela

Seolah ember tadi membentur benda padat, Bang Wais segera mengecek ke arah lubang sumur menggunakan alat penerangannya. Saat di lihat, alangkah terkejutnya ia sebab terdapat makhluk menyeramkan yang muncul dari dalam sumur tersebut. Bang Wais pun berusaha menjauh dari sumur karena rasa takut yang amat sangat.

Tiba-tiba, makhluk itu keluar dari dalam sumur dengan wujud yang tiba-tiba memanjang dan tumbuh dengan amat tinggi. Seketika, Bang Wais berteriak dan berlari ke rumahnya.

Pengalaman selanjutnya di alami oleh Pak Darsim (nama samaran) saat menjaga air di sawah pada malam harinya untuk mengairi tanaman padi miliknya. Saat akan pulang, beliau tanpa sengaja bertemu dengan seseorang di jalan.

Terlihat orang tersebut sedang berjalan berlawanan arah dengan tujuan Pak Darsim, dimana orang tersebut seperti hendak menuju ke area persawahan. Beliau pun menyapa orang tersebut dan bertanya hendak kemana, akan tetapi sosok tersebut malah diam.

Pak Asep yang merasa diacuhkan pun memilih mengabaikannya dan bergegas untuk pulang ke rumah. Namun, karena didera rasa penasaran, saat ia hendak menoleh ke arah sosok tersebut. Dari kejauhan, sosok tersebut tiba-tiba berubah dan tumbuh menjadi amat tinggi.

Setelahnya, hantu itu berjalan melewati petak sawah hanya dengan satu langkah saja, yang menandakan betapa tingginya sosok tersebut. Pak Asep pun lari tunggang langgang karena sadar itu adalah sosok penampakan dari Coba Landaur.

Kisah horor terakhir dialami oleh pasangan suami istri bernama Abdul dan Siti (nama samaran). Waktu itu, mereka hendak menuju desa tetangga untuk menghadiri sebuah acara yang diselenggarakan pada malam hari oleh salah satu kerabat mereka disana.

Pasangan suami istri ini pun berangkat dari rumah mengendarai sepeda motor. Namun, saat mereka tiba di salah satu jalan yang jauh dari pemukiman warga. Mereka di kejutkan oleh sosok yang menghadang perjalan mereka. Awalnya, pasangan suami istri ini mengira sosok yang menyerupai orang tersebut adalah komplotan kawanan begal.

Baca Juga:  Glagah Beach, The Most Exotic Beach in Yogyakarta

Sebab, lokasi jalan tersebut yang memang sunyi serta ditambah lagi di kedua sisi kiri-kanan jalannya berupa kawasan hutan jati yang rapat. Mereka pun membunyikan suara klakson agar orang tersebut menyingkir dari tengah jalan.

Tapi, bukannya menyingkir, orang tersebut tiba-tiba berubah menjadi sosok yang mengerikan serta memanjang ke atas. Pasangan suami istri ini pun sadar jika sosok yang menghadang mereka ialah Coba Landaur.

Abdul pun memilih untuk melanjutkan perjalanan dengan cara melewati celah di antara dua pasang kaki sosok Coba Landaur. Akhirnya, mereka dapat lolos dari hantu itu dan memilih menginap di kediaman kerabat mereka.

Selain itu, menurut pengakuan dari para narasumber pada 3 kisah horor di atas. Awalnya, Coba Landaur memiliki tubuh seperti orang biasa.

Tetapi, jika di amati lebih lama sosok ini akan memanjang tinggi (melebihi pohon kelapa). Mereka juga bercerita, apabila hantu ini berkulit putih pucat serta berwajah seram jika di lihat dari dekat.(arsn)

Leave a Reply